Trakindo Mendukung Gerakan Literasi Sekolah melalui Penguatan Pendidikan Karakter

PPGT
PPGT
PPGT

Penguasaan literasi sejak dini merupakan modal dasar bagi kesuksesan generasi penerus dalam mewujudkan bangsa yang cerdas dan berbudaya. PT Trakindo Utama (Trakindo) kembali menggelar kegiatan Lokakarya dan Pameran Praktik Pembelajaran Guru Terbaik (PPGT) yang bertema “Membangun Karakter Bangsa dengan Kecakapan Literasi”. Acara ini dihadiri 40 guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) binaan Trakindo dari berbagai daerah di Indonesia dan partisi Pendidikan yang bertujuan menyukseskan Gerakan Literasi Sekolah, dan sekaligus menjadi agenda penghujung Bangun Karakter Bangsa Bersama Trakindo yang telah dimulai sejak 2016.

Bari Hamami, President Director Trakindo yang turut hadir dalam acara tersebut berharap bahwa acara ini dapat menjadi kail untuk para tenaga pengajar dalam mengembangkan karakter anak didiknya di sekolah. Trakindo percaya penerapan Pendidikan berbasis karakter yang dimulai sejak dini akan menjadi fondasi yang kuat bagi generasi penerus di masa depan. Bari juga berharap usaha yang Trakindo lakukan bisa menjadi pendorong bagi sekolah untuk bertumbuh lebih baik dalam memberikan hasil yang positif bagi khalayak luas dan berkontribusi membangun bangsa, untuk kemajuan negeri.

Gelaran Lokakarya dan PPGT merupakan ajang unjuk praktik baik penerapan peningkatan kapasitas guru dan tenaga kependidikan dari 40 SDN binaan yang telah mengikuti rangkaian program Bangun Karakter Bangsa Bersama Trakindo 2016-2019.

Trakindo berharap manfaat yang dihasilkan dari program ini dapat terus berlanjut,memberikan pengaruh positif tak hanya ke 40 SDN binaan Trakindo, namun dapat lebih jauh menular ke sekolah-sekolah lain di penjuru negeri. Berangkat dari harapan tersebut, Trakindo menyerahkan “Buku Panduan Replikasi Program: Bangun Karakter Bangsa Bersama Trakindo” kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Buku ini merupakan kristalisasi dari praktik baik yang telah dilakukan untuk menjadi rujukan bagi berbagai pihak yang berkecimpung di bidang pendidikan. Melalui buku ini juga diharapkan dapat terus mendukung program pemerintah dalam penerapan penguatan pendidikan karakter anak bangsa secara berkelanjutan.

Putra Asga, M.Si, Kasi PKK Guru Direktorat Jendral GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menerangkan kontribusi yang diberikan oleh Trakindo Selama ini telah berjalan selaras dengan cita-cita dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal penguatan Pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Putra berharap program seperti ini dapat terus dilaksanakan guna memberikan manfaat positif bagi pendidikan di Indonesia.

Pelaksanaan program Bangun Karakter Bangsa Bersama Trakindo sendiri merupakan sebuah bentuk dukungan Trakindo dalam menyukseskan Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2015-2019 dalam hal peningkatan mutu dan relevansi pembelajaran yang berorientasi pada pembentukan karakter.

Berkomitmen memberi dukungan peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru dalam memajukan pendidikan nasional yang berkarakter, Trakindo telah memulai perjalanan kerja sama dengan SDN binaan sejak 10 tahun yang lalu. Hingga saat ini, program Bangun Karakter Bangsa Bersama Trakindo telah berhasil mendampingi lebih dari 250 sekolah, yang terdiri dari 40 SDN binaan dan lebih dari 200 sekolah imbas di sekitarnya. Program ini juga telah berhasil menjangkau lebih dari 1.000 guru dan 15.000 siswa dalam hal pengembangan pembelajaran berbasis proyek, inkuiri, dan literasi sekolah. Dari sisi karyawan, tercatat lebih dari 4.500 karyawan telah turut berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan Trakindo Volunteer Mengajar dengan mencapai lebih dari 35.000 jam mengajar.

Kembali ke Berita